sport
Langganan

2.230 Petugas Gabungan Siap Amankan Peparnas 2024 di Solo

by Gigih Windar Pratama  - Espos.id Sport  -  Jumat, 27 September 2024 - 20:53 WIB

ESPOS.ID - Komandan TNI AU Lanud Adi Soemarmo, Marsma TNI Bambang Djuniar bersama Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan Gabungan PEPARNAS XVII di Stadion Manahan, Solo, Jumat (27/9/2024) pagi.

Esposin, SOLO -- Sebanyak 2.230 personel keamanan gabungan siap mengamankan gelaran Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 yang dilaksanakan pada 6 Oktober hingga 13 Oktober 2024. 

Pengamanan akan dilakukan mulai dari kedatangan kontingen, proses latihan hingga pelaksanaan pertandingan.

Advertisement

Hal ini disampaikan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Adi Soemarmo, Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan Peparnas XVII 2024 di halaman parkir selatan Stadion Manahan Solo, Jumat (27/9/2024) pagi.

Apel gelar pasukan ini diikuti personel dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Dinas Kesehatan hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Advertisement

Apel gelar pasukan ini diikuti personel dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Dinas Kesehatan hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Acara ini sengaja diadakan dalam rangka menyampaikan bahwa kami dari keamanan siap mengamankan Peparnas XVII 2024, baik dari unsur TNI maupun Polri sejumlah 2.230 personel," kata Bambang Juniar Djatmiko, dalam rilis yang diterima Espos, Jumat (27/9/2024).

Pengamanan akan dilakukan mulai dari kedatangan kontingen pada 1 Oktober 2024. 

Advertisement

"Kami melakukan pengamanan mulai dari kedatangan setiap kontingen di bandara maupun perjalanan darat untuk diantarkan sampai penginapan. Kemudian nanti mulai dari latihan, hari H sampai penutupan, di setiap titik baik dari venue, penginapan, perjalanan berangkat dan pulang akan selalu kita amankan," tuturnya.

Peparnas XVII 2024 merupakan multievent olahraga untuk atlet disabilitas tingkat nasional. 

Bambang Juniar berharap partisipasi penuh dari masyarakat untuk mensukseskan gelaran ini.

Advertisement

"Kami mengimbau untuk masyarakat Surakarta, mari kita dukung Peparnas XVII 2024 sebagai tuan rumah yang baik. Mari kita jaga semua agar Peparnas XVII 2024 berjalan aman, nyaman dan tertib sampai selesainya acara," ucapnya.

Ditambahkan Ketua Pelaksana Peparnas XVII 2024, D.B. Susanto, pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan ini merupakan bukti dari kesiapan Kota Solo sebagai tuan rumah Peparnas.

"Kita tunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa kita sudah siap. Kesiapan ini kita tunjukkan dengan apel gelar pasukan untuk pengamanan Peparnas XVII 2024. Kami didukung penuh oleh bidang keamanan. Harapan kita, dengan pengamanan yang kuat, Insya Allah pelaksanaan akan berjalan lancar dan aman," ujar D.B. Susanto.

Advertisement

Panitia Besar (PB) Peparnas akan menggelar kirab obor api (torch relay) di lima kota/kabupaten selama dua hari. 

Untuk hari pertama pada Sabtu (28/9/2024), kegiatan dimulai dengan penyalaan obor api di Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan. 

Kirab obor api ini diarak melewati Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo.

Kemudian pada hari kedua, Minggu (29/9/2024), kirab obor api akan terpusat di Kota Solo. 

Kirab obor api ini akan diarak mulai dari Stadion Sriwedari menuju Balaikota Solo.

"Kirab obor api ini merupakan rangkaian dari kegiatan Peparnas XVII 2024. Kirab obor api ini sebagai simbol bahwa Peparnas XVII 2024 siap digelar di Surakarta," ucap D.B. Susanto.

Total ada 3.049 atlet dan 1.576 ofisial yang akan mewakili 34 kontingen pada ajang Peparnas XVII 2024. Para atlet ini akan berlomba meraih prestasi pada 20 cabang olahraga yang berlangsung di Kota Solo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar.

Advertisement
Abu Nadzib - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif